Wednesday, May 28, 2014

cTnI, CK-MB, Myo JOINT RAPID TEST KIT  



KEGUNAAN
cTnI, CK-MB, Myo joint rapid test kit adalah immunoassay yang cepat, spesifik dan simpel untuk deteksi secara kuantitatif dengan menggunakan sampel darah whole blood.

KLINIS
Myoglobin (MYO), MB creatine kinase (CK- MB) dan troponin jantung I ( cTnI atau Tro ) adalah protein yang dilepaskan ke dalam aliran darah setelah cedera terjadinya jantung.
Myoglobin adalah protein heme- biasanya ditemukan di otot rangka dan jantung dengan berat molekul 17,8 kDa merupakan sekitar 2% dari protein otot total dan bertanggung jawab untuk mengangkut oksigen dalam sel-sel otot . Ketika sel-sel otot rusak, myoglobin dilepaskan ke darah dengan cepat karena ukurannya yang relatif kecil. Tingkat myoglobin meningkat dan terukur dalam 2-4 jam pasca- infark, memuncak pada 9-12 jam dan kembali rendah dalam waktu 24-36 jam.
CK-MB adalah enzim yang ada dalam otot jantung dengan berat molekul 87,0 kDa. Creatine kinase adalah molekul dimer terbentuk dari dua subunit ditunjuk sebagai M (muscle/ otot) dan B (brain/otak), yang bergabung  membentuk tiga isoenzim berbeda, CK - MM, K- BB dan CK- MB. CK- MB adalah isoenzim creatine kinase yang sangat berperan dalam metabolisme jaringan otot jantung. Pelepasan CK – MB ke dalam darah menyusul MI dapat dideteksi dalam waktu 3-8 jam setelah onset gejala. Ini puncak dalam waktu 9-30 jam, dan kembali ke tingkat dasar dalam waktu 48-72 jam .
Cardiac troponin I adalah protein yang ditemukan dalam otot jantung, dengan berat molekul 22,5 kDa. Troponin I adalah bagian dari tiga kompleks subunit terdiri dari Troponin T dan Troponin C. Seiring dengan tropomiosin, kompleks struktural ini membentuk komponen utama yang mengatur aktivitas kalsium ATPase sensitif actomyosin di lurik skeletal dan otot jantung. Setelah cedera jantung terjadi, troponin I dilepaskan ke dalam darah 4-6 jam setelah onset nyeri. Pola pelepasan troponin I mirip dengan CK - MB, tapi sementara tingkat CK-MB kembali normal setelah 72 jam, Troponin I tetap tinggi untuk 6-10 hari, sehingga memberikan jendela lama deteksi untuk cedera jantung .

PRINSIP KERJA
Produk ini mengadopsi fase padat GICA (Gold Immunochromatography Assay) untuk menguji cTnI, CK-MB, Myo dalam darah seluruh manusia dan menggunakan metode double sandwich anti gen- antibodi. Yang akan membentuk garis merah pada zona garis uji (T) jika konsentrasi cTnI lebih besar dari 0.5ng/ml, konsentrasi CK-MB lebih besar dari 3ng/ml, konsentrasi Myo lebih besar dari 50ng/ml.
Garis merah pada zona control (C) digunakan untuk menilai menilai apakah jumlah sampel sudah benar, apakah proses kromatografi memiliki normal standar , dan pada saat yang sama,berfungsi sebagai standar inter - kontrol strip tes yang merupakan kode identifikasi batch yang sesuai mencakup informasi kurva standar sesuai batch. Kaset rapid yang telah ditetesi sampel diletakkan di alat pembaca yang menggunakan teknologi analisis citra untuk mendapatkan sinyal kepadatan dengan membandingkan ketebalan garis kontrol dan garis uji cTnI , CK - MB , Myo Rapid Test Kit , dan untuk membuat perbandingan analisis terhadap nilai densitas otomatis dari perangkat lunak dan kurva standar produk kode identifikasi sehingga muncul hasil cTnI , CK - MB , Myo secara kuantitatif.

SAMPEL YANG DIGUNAKAN
Tes rapid cTnI, CK-MB, Myo menggunakan sampel darah whole blood sitrat (PT tube). Hindari hemolisis pada saat pengambilan darah, sampel harus segera di baca sesaat setelah diambil atau sampel dapat disimpan pada suhu 2-80C dalam jangka waktu 12 jam.

KUALITI KONTROL
Munculnya garis merah control (C)  menunjukkan bahwa kaset dalam kondisi baik.

NILAI RUJUKAN
cTnI                        0.5 ng/ml
CK-MB                  4 ng/ml
Myo                      100 ng/ml

SPESIFIKASI
Bilirubin 30 mg/dl dan triglyceride 1000 mg/dl tidak memberikan efek interferesi terhadap tes.

RENTANG LINIER
cTnI        0.5- 64 ng/ml, CK-MB 3- 96 ng/ml, Myo 50- 1600 ng/ml dengan koefisien linier r>0.99.

KEMASAN
Berisi 20 rapid test kit.









No comments:

Post a Comment